FORUM KOMUNIKASI PIK REMAJA TLOGOMULYO JADI AJANG BERKREASI

Ditulis pada Rabu, 03 Jul 2019 oleh: admin

FORUM KOMUNIKASI PIK REMAJA TLOGOMULYO JADI AJANG BERKREASI

FORETO (Forum Komunikasi PIK Remaja Tlogomulyo) yang dibentuk atas kreatifitas para remaja di wilayah Kecamatan Tlogomulyo tahun 2018, berupaya menggalang solidaritas guna meningkatkan silatulrahmi antar remaja di wilayah Tlogomulyo. Untuk menyusun strategi kegiatan, FORETO mengadakan pertemuan Pada Senin, 24 Juni 2019, bertempat di Balai Penyuluhan KB Tlogomulyo.

Meski disadari bahwa selam ini vakum kegiatan, namun semangat anggota FORETO masih berapi-api untuk mewujudkan sebuah komunitas remaja yang memiliki kreatifitas. Kali ini pertemuan diadakan untuk memperkuat eksistensi kelompok dengan menambah jumlah anggotanya yang semula beranggotakan hanya terbatas remaja-remaja dari desa yang memiliki PIK Remaja, kini ditambah para remaja dari desa yang belum membentuk PIK Remaja.

Pertemuan anggota FORETO dimaksudkan untuk menyatukan para remaja se Kecamatan Tlogomulyo agar satu sama lain dapat saling berinteraksi dan berkreasi menyalurkan bakat dan ketrampilan yang dimilikinya. Selain itu juga bertujuan agar semua desa tersentuh akses informasi “Seputar Dunia Remaja”.

Penyelenggaraan kegiatan yang diprakarsai oleh Penyuluh KB Kecamatan Tlogomulyo,sebagai fasilitator kegiatan remaja ternyata disambut baik oleh para remaja yang menjadi wakil/duta masing-masing desa. Dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai hal termasuk mempersiapkan diri menghadapi kegiatan Jambore PIK Remaja yang akan diselenggarakan pada 4 Juli 2019,bertempat di kompleks militer RINDAM IV,Magelang.

PKB sebagai pendamping kegiatan pertemuan FORETO ini memberikan pembekalan dan penyuluhan pada remaja tentang Program PKBR, yang merupakan program utama dalam pengembangan kegiatan PIK Remaja. Penjabaran Program PKBR diaplikasikan para remaja dalam bentuk kegiatan penyuluhan dan konseling yang diwadahi dalam sebuah kelompok PIK Remaja. PIK Remaja ini merupakan pusat kegiatan yang dikelola dari ,oleh, dan untuk remaja.

Sesuai Struktur organisasi PIK Remaka,maka di dalamnya terdapat PS (Pendidik Sebaya) dan KS (Konselor Sebaya) yang tugasnya memfasilitasi remaja yang membutuhkan informasi seputar dunia remaja. Di Kecamatan Tlogomulyo terdapat 9 PIK Remaja, 3 diantaranya terdapat di desa yang merupakan wilayah kampung KB. 3 kelompok PIK Remaja tersebut masing-masing memiliki potensi yang berbeda.

Salah satu PIK Remaja yang menonjol kegiatannya adalah PIK Remaja Arkananta, yang letaknya di Desa Kerokan. PIK Remaja ini mempunyai kegiatan kreatif inovatif yaitu melatih anggotanya tentang ilmu menyablon. Bahkan setelah para anggotanya terampil menyablon,kelompok mengembangkan sayapnya untuk memproduksi kaos dengan hasil kreasi sablonnya. Semula hanya untuk kalangan sendiri,namun kemudian berangsur ada kemajuan sehingga kini telah sering menerima order pemesanan kaos.

Tak hanya itu, PIK Remaja Arkananta juga punya kegiatan lainnya, seperti penyuluhan dan konseling bagi remaja, serta yang baru akan dirintis adalah kegiatan pembentukan kelompok Bank Sampah Remaja. Kegiatan pertemuan Forum Komunikasi PiK Remaja Tlogomulyo dikemas dalam bentuk sosialisasi program KKBPK, Program PKBR/Genre, dan outbond/permainan ringan yang dipandu oleh Penyuluh KB.

Sebagai tindak lanjut adalah upaya penggalangan komitmen bersama untuk Mensukseskan program KKBPK, Mensosialisasikan program PKBR bagi remaja, Menyiapkan Generasi Berencana (Genre). Semua itu diserukan dalam rangkaian yel-yel PIK Remaja Kec. Tlogomulyo. Beginilah kekompakan mereka menggaungkan salam yang berbunyi :

Salam KB...DUA ANAK CUKUP BAHAGIA SEJAHTERA...LAKI-LAKI PEREMPUAN JANGAN DIBEDAKAN... Salam Genre... salam... Remaja Genre... Sehat...Cerdas...Ceria... Genre Indonesia...Saatnya yang muda...yang berencana... – (Retnowati Noor Efendi)—

 

Komentar: 0 Cetak: Kategori: MEDIA CENTER
Bagikan:

GEMAWANG GANDEM EXPO MEDIA EDUKASI PIK REMAJA

Gemawang Gandem Expo 2019 menjadi media edukasi bagi PIK Remaja dalam meningkatk

PIK REMAJA SUCEN SELENGGARAKAN JAMBORE DI POSONG

PIK REMAJA SUCEN SELENGGARAKAN JAMBORE DI POSONG  PIK Remaja Garuda Dusun

PEMILIHAN DUTA GENRE KEMIRIOMBO MULTI TALENTA

PEMILIHAN DUTA GENRE KEMIRIOMBO MULTI TALENTA   Pemilihan Duta Genre Desa


Tinggalkan Komentar



DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK, KELUAGA BERENCANA , PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KAB. TEMANGGUNG
Jln. Jend. Sudirman No. 130 Telp. (0293) 491059 Temanggung Kode Pos 56218
Copyright © 2019