HARGANAS 2019 MOMENTUM GERAKAN KEMBALI KE MEJA MAKAN

Ditulis pada Senin, 29 Jul 2019 oleh: admin

HARGANAS 2019 MOMENTUM GERAKAN KEMBALI KE MEJA MAKAN

 

PUNCAK PERINGATAN HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS)  XXVI TAHUN 2019, RABU 18 JULI 2019 DIMERIAHKAN DENGAN SERANGKAIAN KEGIATAN MERAIK YANG MELIBATKAN RATUSAN KADER KELUARGA BERENCANA SE KABUPATEN TEMANGGUNG. SELAIN ITU JUGA MENGHADIRKAN NARA SUMBER  DARI PERWAKILAN BKKBN PROPINSI JAWA TENGAH DAN TP PKK KABUPATEN TEMANGGUNG.

Di panggung Grha Bhumi Phala, juga digelar lomba KIE Kreatif dengan penampilan Yel-yel KKBPK dengan berbagai penampilan menarik para kader. Sebagai pembuaka acara diawali lagu Mars KB group paduan suara KENCANA oleh PKB se kab Temanggung.

Sekretaris Daerah Temanggung Suyono, membuka cara dengan menggelorakan semangat para kader melalui yel-yel keluarga berencana. Suyono manandaskan, Peringatan Harganas 2019 menjadi momentum penting bagi kita semua keluarga di Indonesia, khususnya di Kabupaten Temanggung agar lebih bisa menjadi keluarga yang berkualitas. Melalui program KKBPK diharapkan permasalahan kependudukan dapat teratasi, kuantitas penduduk dapat ditekan dan kualitas penduduk dapat  ditingkatkan dengan memberdayakan keluarga dan perencanaan yang matang.

Dalam penyampaian materi program  KKBPK  oleh Kasubbag Hubalila Perwakilan BKKKBN Propinsi Jawa Tengah Yasri Yatiningsih, dijelaskan makna cinta keluarga yaitu gerakan kembali ke meja makan. Artinya sesering mungkin keluaraga berkumpul dalam satu meja makan, maka akan memupuk rasa cinta dalam keluarga.

Dalam paparannya Nasri mengatakan , uapaya peran BKKBN dalam peningkatan kualitas hidup dan revolusi karakter bangsa di Kampung KB cukup besar. Melalui program KKBPK di Kampung KB  yang didukung peran PKK diharapkan dapat mewujudkan Keluarga Sejahtera sebagaimana visi Temanggung yang Gandem Tentrem dan Marem. Sementara itu TP PKK Kabupaten Temanggung Sri Hartati Inang Suningrat menyampaikan tentang peran PKK dalam membangun Keluarga Sejahtera.

Untuk melengkapi kegiatan peringatan Harganas, BPC AKU Kabupaten Temanggung  turut menggelar bazar produk UPPKS dari berbagai kelompok UPPKS yang ada di Kabupaten Temanggung.

      Usai paparan program  KKBPK dengan moderator Ari Agung Martanto PKB Kec. Gemawang, dibuka  sesi diskusi dimana peserta dapat menyampaikan pendapat untuk memajukan program KKBPK berkaitan dengan operasional di lini lapangan. Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh para PPKBD yang begitu antusias mengikuti paparan dari para pemateri.

Partisipasi dan peran PPKBD patut diberikan apresiasi sebab keikutsertaannya dalam kegiatan Harganas 2019 ini membuktikan bahwa pemberdayaan IMP di tingkat  desa/kelurahan berjalan dengan baik.

      

Kemeriahan suasana puncak Harganas 2019 didukung penampilan PPKBD dan Sub PPKBD dalam lomba yel-yel KKBPK. Lomba ini diikuti oleh kelompok PPKBD dari 20 kecamatan se Kabupaten Temanggung, masing-masing kecamatan menampilkan satu grup dengan peserta 10 orang.

PPKBD dari Kec. Parakan Anis mengatakan, penampilan dari masing-masing kecamatan sangat kreatif. Demikian juga berbagai usulannya untuk pelaksanaan kegiatan kader kedepan. “Kegiatan ini sangat positif, namun perlu disempurnakan lagi, agar tidak terkesan hanya menampilkan gerak dan lagu, sedangkan isi pesan KBnya belum nampak”, paparnya.

Anis juga berharap tahun depan ada kegiatan lomba penyuluhan kader, agar para petugas IMP benar-benar terlihat kemampuan dan ketrampilannya dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan memantapkan perannya sebagai kader KB dalam melakukan penyuluhan maupun Konseling.

Adapun kejuaraan lomba KIE kreatif melalui  yel-yel adalah Juara I             Kelompok PPKBD Kec. Kandangan. Juara II Kelompok PPKBD Kec. Tembarak, Juara III Kelompok PPKBD Kec. Bulu, Juara harapan I  Kelompok PPKBd Kec. Kranggan,  Juara harapan II Kelompok PPKBD Kec. Pringsurat,  Juara harapan III  Kelompok PPKBD Kec. Tlogomulyo—(Retnowati Noor Effendy)—

 

Cetak: Kategori: Not categorized!
Bagikan:

PIK REMAJA SUCEN SELENGGARAKAN JAMBORE DI POSONG

PIK REMAJA SUCEN SELENGGARAKAN JAMBORE DI POSONG  PIK Remaja Garuda Dusun

PEMILIHAN DUTA GENRE KEMIRIOMBO MULTI TALENTA

PEMILIHAN DUTA GENRE KEMIRIOMBO MULTI TALENTA   Pemilihan Duta Genre Desa

PIK REMAJA GEMAWANG IKUTI OUT BOUND DI YON ARMED 11 MAGELANG

PIK REMAJA GEMAWANG IKUTI OUT BOUND DI YON ARMED 11 MAGELANG GUNA MEMBERIKAN PE



DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK, KELUAGA BERENCANA , PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KAB. TEMANGGUNG
Jln. Jend. Sudirman No. 130 Telp. (0293) 491059 Temanggung Kode Pos 56218
Copyright © 2019